tips mengatasi mesin motor berisik setelah ganti oli

Mesin terasa berisik setelah ganti oli


Oli mengambil bagian penting dalam mesin, dengan oli inilah setiap kompenen dalam mesin terlumasi, sehingga akan memperkecil besarnya gesekan antar part. Namun bagaimana jikalau mesin terasa berisik setelah mengganti oli?. hm, padahal oli baru kok bisa begini ya?, nampaknya harus benar-benar kita cermati ya masalahnya.

sobat, berisiknya suara mesin pada motor, dapat diakibatkan dari banyak faktor, apa saja faktornya ? antara lain berikut :

tips mengatasi mesin motor berisik setelah ganti oli gasmentok.blogspot.com


Menganalisa mesin motor berisik

  1. Spesifikasi oli yang digunakan tidak sesuai standard pabrik.
    Penggunaan Oli yang terlalu encer, tentu dapat menyebabkan suara berisik. Gesekan antar part dalam mesin kurang dapat ditahan oleh oli. hal ini tentu juga akan menimbulkan suara berisik.
    baca juga : Mesin Honda Supra X halus dengan Oli Enduro Pertamina 4T Racing
    tips mengatasi mesin motor berisik setelah ganti oli gasmentok.blogspot.com

  2. Oli pada batang penekan rantai keteng habis atau berkurang. Pada saat mesin dihidupkan , pegas penekan dan batang penekan rantai bergesekan. Oleh karena itu, timbullah suara gesekan yang mengakibatkan mesin motor terasa berisik.

    tips mengatasi mesin motor berisik setelah ganti oli gasmentok.blogspot.com


    cara mengatasinya : sobat tinggal menambahkan sebanyak 1 - 2 cc oli ke dalam ruangan tersebut. Namun buka dulu baut cincin washer nya terlebih dauhlu. Jika suara berisik masih belum hilang, buka baut mesin washer dalam keadaan mesin motor menyala, tunggu beberapa detik, kemudian tutup kembali. Hal ini bertujuan agar udara yang terjebak didalam batang penekan dapat keluar sepenuhnya. baca juga : Sensasi menggunakan oli resmi AHM MPX1 pada Honda Supra X 125R
Perawatan penggantian oli haruslah berkala, karena fungsi oli yang melindungi dan mengurangi gesekan antar part mesin merupakan fungsi yang tak bisa dianggap enteng. Banyak sekali tutorial menari di BLOG ini mengenai tips seputar oli mesin, misalnya : Tips mengganti oli yang benar pada sepeda motor . Inti dari perawatan motor adalah gantilah oli mesin secara berkala, jangan sampai telat dan kehabisan oli, agar motor sobat tetap awet.



No comments:

Post a Comment

Silakan mas bro.. disalurkan unek-uneknya...

back to top