Tips Menghidupkan Mesin Motor Agar tetap Awet

Menghidupkan Mesin Motor saat Pertama Kali

Mesin merupakan bagian terpenting dari motor, yang bisa dibilang adalah otak motor. Apapu merek motor sobat, entah itu Yamaha, Honda, Suzuki, Kawasaki, atau lainnya, perlakukan terhadap mesin motor haruslah tepat. Pada tips blog kita kali ini, kita akan mengungkap kebiasaan-kebiasaan yang luput dilakukan kebanyakan orang dalam menghidupkan mesin motor pada pagi hari, atau saat pertama kali mesin motor dihidupkan.
Tips Menghidupkan Mesin Motor Agar tetap Awet gasmentok.blogspot.com


Perlakuan yang benar saat pertama kali menghidupkan mesin

Tips "Menghidupkan Mesin Motor Agar tetap Awet" kali ini nampaknya harus menjadi kebiasaan sobat pembaca, agar mesin motor kita tetap awet, dan berdurability lebih panjang lagi. banyak dari sobat pembaca sudah sering dan terbiasa menghidupkan mesin dengan electric starter yang cukup ditekan saja. Namun sobat, perlu anda ketahui, menghidupkan mesin dengan electric starter dapat menyebabkan umur aki motor kita semakin pendek, yang akhirnya aki cepat soak. Hal ini mungkin karena kondisi aki disaat idle, teganyannya tidak terlalu besar, dan kemudian dikenai beban menghidupkan dinamo starter, yang tentunya tegangan akan turun.

Tips Menghidupkan Mesin Motor Agar tetap Awet gasmentok.blogspot.com

Gunakanlah kick starter saat pertama kali mesin dihidupkan. Memang hal ini akan membutuhkan sedikit tenaga, namun percayalah hal ini akan lebih ramah pada mesin dan aki motor sobat.
Saat pertamakali ingin menghidupkan mesin, sebaiknya gunakan kick starter sebanyak beberapa kali tanpa menghidupkan mesin ( posisi kontak = off ). Fungsinya, agar oli mesin dapat menyebar ke seluruh bagian mesin, sehingga terlumasi dengan baik. Selanjutnya, gunakan tuas Choke, tariklah tuas Choke, dan kemudian posisikan kontak on, lalu coba hidupkan mesin dengan kick starter. Setelah mesin hidup selama beberapa detik, tutup kembali tuas Choke.

NB: fungsi tuas Choke adalah menutup katup udara yang masuk kedalam mesin, dan juga menambah suply bahan bakar kedalam ruang pembakaran mesin. Tuas Choke ini sangat dianjurkan digunakan saat mesin pertama kali di hidupkan.

Tips Menghidupkan Mesin Motor Agar tetap Awet gasmentok.blogspot.com

Tips diatas dapat sobat praktekkan dalam keseharian. Sedikit lebih ribet memang, tapi apa salahnya apabila kita mencoba dan hasilnya motor kita tetap awet. baca juga tips unik menarik lainnya DISINI, atau baca ini :  Tips memilih knalpot modifikasi aftermarket


2 comments:

  1. hrs bongkar kebiasaan lama nih gan, krn ane biasanya pake electric starter krn lbh praktis

    ReplyDelete
  2. hehe, ya begitulah gan. ane juga keseringan make Electric starter, kalo sekarang udah tau mah, pake manual aja dulu 5x di oglek. hehe

    ReplyDelete

Silakan mas bro.. disalurkan unek-uneknya...

back to top