Tips mengganti oli yang benar pada sepeda motor

Mengganti Oli Motor yang Benar

Sobat, oli merupakan salah satu bagian yang mengambil peranan penting bagi kinerja mesin sepeda motor. Fungsi oli yang melumasi setiap bagian / part mesin, tentu sudah pasti oli merupakan bagian vital yang tak boleh diteledorkan. Seperti kita ketahui, dijalanan Indonesia, banyak sekali masyarakatnya yang menggunakan kendaraan roda dua. Nah, dari sisi ini, disini sobat GM akan berbagi tips mengenai :

Cara Menggantian oli yang baik dan benar


Tips mengganti oli yang benar pada sepeda motor | tips ganti oli | ganti oli motor | gasmentok.blogspot.com

Oli harus kita perhatikan penggunaanya, agar mesin kendaraan roda dua kita tetap awet dan memiliki duratibilitas yang tinggi. Sobat, berikut adalah sedikit tips mengenai, "Tips mengganti oli yang benar pada sepeda motor", selengkapnya simak ulasan berikut ini.


Tips mengganti oli yang benar pada sepeda motor | tips ganti oli | ganti oli motor | gasmentok.blogspot.com


Tips mengganti oli yang benar pada kendaraan roda dua  :

  1. Gantilah oli secara teratur, setidaknya setiap 2000 km, atau maksimal 2500 km.
  2. Gunakan oli yang tepat, baik dari jenis ( SAE ) nya, maupun dari volume kebutuhan kendaraan roda dua . Selalu gunakan oli dengan SAE yang tepat, seusai rekomendasi pabrik. Misalnya, motor Honda supra X 125 direkomendasikan AHM menggunakan oli ber SAE 10w30 ( tergolong oli encer ). Sedangkan dari sisi volume, isikan oli sebanyak yang dibutuhkan mesin. biasanya untuk kendaraan roda dua bebek adalah 800 ml, atau motor sport seperti punya kang iwanbanaran kisaran 1Lt. Apabila tidak mengetahui volume kebutuhan mesin, sobat dapat melihatnya tertera pada blok mesin dekat footstep, atau buku manual pembelian kendaraan roda dua .
  3. Dalam penggantian oli, kuras semua oli bekas yang ada di mesin.
  4. Agar lebih bersih, sobat dapat menggunakan bantuan kompresor untuk membantu membersihkan sisa-sisa oli bekas yang ada di blok mesin.
  5. Setelah selesai terkuras habis, pasang kembali baut pembuangan dan kencangkan. Gunakan corong kecil, untuk membantu menuangkan oli pada mesin.
Nah sobat, sudah jelas bukan step by step mengganti oli kendaraan roda dua . "Beli itu gampang, perawatannya yang susah". Mengutip dari kalimat tersebut, memang benar, kita sering kali teledor melakukan perawatan pada motor. oiya, membahas soal oli, sobat GM punya pengalaman menarik nih, misalnya : Sensasi menggunakan oli resmi AHM MPX1 pada Honda Supra X 125R ,  dan juga Feel Honda Supra X 125 R Menggunakan Oli AHM MPX 1 . Pemilihan oli yang tepat, tentu akan menambah performa motor, menunjang performa kendaraan roda dua seperti motor balap, Baca juga : Rahasia! Modifikasi Mempercepat motor pabrikan Honda Supra X 125

Demikianlah sedikit tips yang dapat sobat GM bagikan, semoga bermanfaat bagi sobat.
red: gasmentok.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Silakan mas bro.. disalurkan unek-uneknya...

back to top