Modifikasi ringan Ban & Gearset Honda Supra X 125

Upgrade Ganti ban dan gear Honda Supra X 125

Kali ini GM akan berbagi sedikit pengalaman dengan  kendaraan roda dua bebek tunggangan ane bro, Supra X 125, keluaran tahun 2013. Nah, pada kesempatan ini, GM berencana dikit dikit mempercantik tunggangan bebek saya. ( setidaknya tidak standardlah. hehe ). alih-alih ceritanya GM baru gajian nih, langsung saja GM berencana membeli 2 buah part ( Ban & gear set ) untuk Dimodifikasi pada Honda Supra X 125, karena kedua part tersebut telah aus


Tips Sebelum Membeli Ban pada Motor : 

sebelum membeli barang,usahakan kita mengetahui spesifikasinya, informasi dari forum-forum internet seperti otoasia.com, sama blognya mas iwanbanaran , dan juga peruntukan partnya jangan sampai salah beli. langsung saja, setelah lama korek korek info dari forum, pilihan GM jatuh hati pada :
- Ban FDR Flemo tubetire size 90/80. nah untuk perihal yang satu ini, ingat jangan asal ukuran ban, coba cek ukuran ban yang pas buat  kendaraan roda dua sobat Ukuran ban dengan velg yang ideal. 
- Gear set Original Honda New Supra Fit 104 ( Product Code : 06401-KTL 700 )
pamer sedikit, bebrikut gambarnya :
Gambar 1.

 Gearset Original Honda New Supra Fit, & Ban FDR Flemmo tubetype 90/80




Modifikasi kaki-kaki Honda Supra X 125 ( Gearset Honda New Supra Fit, & Ban FDR Flemo 90/80 ) gasmentok.blogspot.com

Modifikasi kaki-kaki Honda Supra X 125 ( Gearset Honda New Supra Fit, & Ban FDR Flemo 90/80 ) gasmentok.blogspot.com





Modifikasi kaki-kaki Honda Supra X 125 ( Gearset Honda New Supra Fit, & Ban FDR Flemo 90/80 ) gasmentok.blogspot.com


Modifikasi kaki-kaki Honda Supra X 125 ( Gearset Honda New Supra Fit, & Ban FDR Flemo 90/80 ) gasmentok.blogspot.com




Alasan memilih Ban FDR Flemmo 90/80, dan Gearset Honda New Supra Fit

  • alasan utama adalah kedua part yang lama telah aus, gearset udah mulai kenceng kendor, ban sudah tipis sekali.
  • Pemilihan ban Merk FDR, karena seperti kita ketahui FDR adalah merk ban lokal yang kualitasnya tidak bisa dianggap murahan. dapat kita lihat company profilenya ( cek : http://fdrtire.com/content/view/page/19/FDR-Racing-Experience/ ), FDR telah lama menjadi official tire ajang balap di indonesia. selain itu, rekomendasi dari teman-teman forum, merk ini memiliki kredit yang bagus. langsung saja wes buka websitenya, pilihan GM langsung mentok pada FDR Flemmo, ban gambot size 90/80.
  • Pemilihan gear set juga tidak tanpa dasar, pemilihan gear set dengan rasio 2,6 ( 36-14 ) , berarti gear belakang naik satu mata dari ukuran standardnya 35-14. alasan menggunakan gearset dengan menaikkan rasio adalah, karena ane make ban yang ga standard, ban yang lebih besar alias gambot, tentu tarikan  kendaraan roda dua akan berat apabila tak diimbangi dengan menaikkan mata gear. Konsekuensi penggunaan gearset dengan menaikkan rasio dari patokan standard adalah akselerasi tentu meningkat, ( tarikan mak nyutnyutan gitu.xixi ), namun top speed loyo bro ( menurun )
NB : jangan asal ganti gearset sepeda motor sobat. menaikkan / menurunkan rasio gearset akan berpengaruh pada akselerasi dan top speed  kendaraan roda dua . perhatikan juga penggunaan sepeda motor sehari-harinya, apakah track yang dilalui sobat cenderung padat macet / "stop and go" atau juga jalanan sedikit menanjak, tentu penggunaan gearset dengan menaikkan rasionya adalah pilihan tepat, karena akselerasinya yang bagus
yasudah, kebanyakan basa basi, lansung saja ane pasang sendiri dah gearset dan ban nya. gampang bingid. cekidot hasil e setelah pemasangan. tambah juoss ganteng e rek


Modifikasi kaki-kaki Honda Supra X 125 ( Gearset Honda New Supra Fit, & Ban FDR Flemo 90/80 ) gasmentok.blogspot.com


Modifikasi kaki-kaki Honda Supra X 125 ( Gearset Honda New Supra Fit, & Ban FDR Flemo 90/80 ) gasmentok.blogspot.com


Modifikasi kaki-kaki Honda Supra X 125 ( Gearset Honda New Supra Fit, & Ban FDR Flemo 90/80 ) gasmentok.blogspot.com

Last, ijinkanlah GM sedikit pamer bro, hasil racikan kita tadi, penasaran? berikut bro hasilnya, HSX tambah racing mas bro


Sepertinya posting kali ini ane kebanayakan pamer. xixi. moga diampuni yang diatas. amin. Modifikasi ringan seperti diatas, sangat recomended buat sobat GM, asik buat jalanan dengan karakter menanjak, ataupun "stop and go"
banyak juga pengunjung blog yang bertanya, "setelah penggunaan ban dan gearset ini, apa sih yang dirasakan mas ? minta tolong reviewnya"
menjawab pertanyaan sobat blogger seperti diatas, langsung cekidot aja yah di curhatan ane  berikut ini : Feel penggunaan ban FDR Flemmo 

Terakhir, demikianlah artikel mengenai : 

Modifikasi ringan Ban & Gearset Honda Supra X 125 "


sekian, semoga bermanfaat, salam membaca di curhatan GM selanjutnya.

red: gasmentok.blogspot.com

4 comments:

  1. mas GM, motor saya sama persis kayak punya mas GM warna biru kyk gtu tapi pya saya tahun 2012 :D

    btw mas GM klo oli nya pake apa?
    ane pake SPX terus

    ReplyDelete
  2. SPX juga manteb tuh mas, ane juga pernah pake SPX, kan sintetik tuh ya ( beneran apa abal" ane ga tau, kok sintetik ahm murah bgt :D ).

    cuman karena kebiasaan pake MPX, jadinya ane balik lagi mas pake oli rekomendasinya. hehehe ( alesan dompet tipis :D )

    ReplyDelete
  3. Ban belakang pake 90/80 mentok nggak gan antara ban sama cover rantainya? Kalo ada jarak, kira" seberapa ya? Soalnya ane pengguna supra fit, ban belakang mau dikasih 100/80 atau 100/90an. Sekalian kalo boleh minta fotonya. Thlerima kasih banyak.

    ReplyDelete
  4. Mas gm pake ban depan ukuran berapa?

    ReplyDelete

Silakan mas bro.. disalurkan unek-uneknya...

back to top