Mesin next Honda CBR250RR pakai V-Twin??? Sek-sek kok abot mas bro - Berkaca dari pengalaman tahun lalu, Honda CBR250R single cylinder yang di import langsung ( CBU ) dari Thailand ternyata tak menuai sukses di tanah air. Gempuran Honda yang dikala itu ingin sekali merusak kedigdayaan pasaran Kawasaki Ninja ternyata nggedabus mas bro. Lha piye, Honda CBR250 dinilai kurang menjual dari sisi desain, selain itu trend masyarakat kini lebih cenderung melirik mesin bersilinder ganda yang memiliki power lebih nendang serta pas sekali buat gaya-gayaan lha wong suara knalpotnya lebih padet.
Engine V-twin milik VT series
Sedikit pencerahan yang membuaka identitas si doi, berikut GM kutip dari laman kompas,
"Produk ini benar-benar baru, belum pernah diproduksi sebelumnya oleh Honda," jelas sumber internal AHM kepada KompasOtomotif, (7/4/2015). "
Menurutnya, sepeda motor ini merupakan jawaban dari keinginan konsumen yang meminta Sepeda Motor Sport dua silinder. Bahkan, AHM memilih konfigurasi mesin baru V-twin, ketimbang dua slinder segaris yang ditawarkan dua rivalnya, Yamaha R25 dan Kawasaki Ninja 250R. Dengan perbedaan ini, AHM berharap bisa bersaing di segmen yang cukup bergengsi di mata konsumen ini.
Saat ini, lanjut sumber, persiapan masih terus dilakukan, mulai dari pemilihan pemasok komponen. Satu hal yang pasti, model baru ini berbeda dengan karakter CBR250R yang diproduksi di Thailand. Meskipun desain yang dihasilkan nantinya akan mengarah ke desain futuristik bukan bergaya retro semacan Ducati Scrambler atau Kawasaki Estrella.
"Kalau kita mau juga buat bergaya retro, tapi Jepang sepertinya meminta tetap desainnya futuristik," lanjut sumber itu.
Proses pengujian produksi disebutkan baru mulai dilakukan awal tahun depan, sedangkan produksi massal dan peluncuran akan dilakukan pertengahan 2016. "Kalau trial paling Februari sudah mulai, produksinya sekitar Juli atau Agustus 2016," tutup sumber itu.sumber : otomotif.kompas.com @2015/04/10
Mosok sih CBR250 nanti jadi pakai mesin model V-twin??? simak alasan rasioanl berikut ala kang GM
joss.. biar tambah terngiang-ngiang sosoknya kang bro. wkwk
Pertimbangan Harga
ini jan bikin pusing mas bro. jika dinalar, sebenarnya honda tak perlu memboyong mesin model V-twin di next CBR250, GM rasa mesin 2 silinder inline sangatlah cukup untuk merusak pasaran tanah air. Mengapa tak perlu, jika nantinya mesin konfigurasi V-twin dipakai, mau dibanderol berapa iki hargane kang bro?? tentu production cost sedikit lebih mahal daripada model inline, strategi yang harusnya honda terapkan adalah memepet harga pasaran, ya setidaknya 11-12 selisih sedikit dengan rivalnya R25 dan Ninja250. Strategi ini jika sampean sadari telah dipakai untuk memepet Yamaha R15 dengan barusan brojolnya All new honda cbr150r facelift k45g, bener kan banderol cbr dipepet dengan R15 yang hanya selisih 2-4 jutaan. Ingat po ra sampean, dulu CBR150 CBU thailand di banderol 40jutaan, yo ra payu caakkk :D
CBR cbu thailand dulu dibanderol 40jutaan VS R15 yang hanya 30juta an
SEHARAH HONDA CBR!!!
Mas bro, selain berat di ongkos, jika sampean juga ngamati sejarah CBR, tak pernah sekalipun gen CBR memakai mesin konfigurasi V-twin. Mulai dari embah buyutnya CBR 400 RR tahun '86 pun, bahkan mesin ini dibekali 4 silinder, nyatanya juga pakai model inline. Sampai model terakhirnya kemarin baru launching, Honda CBR1000RR fireblade 2016 kan juga pakai mesin inline cylinder to kang bro. Jadi kesimpulannya, menurut GM kok gak mungkin kang, pastinya tim internal honda juga mempertimbangkan hal ini, dan mungkin akan keep concept seperti para pedahulunya yang memakai mesin inline cylinder.
Mbah buyut Honda CBR ini kang
MESIN MODEL V-TWIN HANYA DIBENAMKAN DI VT, VTR, RVT, VF, VFR & RVF – Series
Menyoal mesin twin cylinder, bagi honda adalah hal kecil, lha wong honda sudah punya model konfigurasi mesin seperti ini sudah lama. Coba sampean tengok mesin di gen VT, VTR, RVT, VF, VFR & RVF – Series, semuanya pakai mesin model V-twin
HONDA VT 500FT Ascot (1982 - 1984), ini si mbah buyut VT series generasi pertama
HONDA VT1300CR Stateline (2013 - 2014), Versi terbaru
Melihat juga sejarahnya kang bro, mesin-mesin VT series yang dibekali konfigurasi V-twin ini tergolong motor moge berkubikasi besar semua kang bro. Dan premiumnya, sampai-sampai mesin ini butuh tangan manusia dalam perakitannya tanpa bantuan robot. Jajal bayangkan bila kelak next CBR250 dibekali mesin ini, tentu yo ora nutut mas bro dari segi cost, lha wong mesin twin ini *IMHO di khususkan buat motor-motor gede kelas premium.
last, banyak sekali pendapat simpang siur mengenai next CBR250 yang dibekali mesin konfigurasi V-twin. Jadi menurut GM, besar kemungkinan mesin next CBR250 ini masih memakai konfigurasi twin inline alias mesin dua silinder segaris mas bro. Menuut GM alasan diatas tadi cukup kuat, melihat cost juga yo nggak nyucuk. mau dijual berapa coba??