Tips Cara mudah mengoptimalkan Supra X 125 Karburator

Supra X 125 cc versi karburator, motor bebek irit andalan honda

Ada salah satu celetuk teman, bila motor bebek Honda Supra X 125cc adalah motornya Bapak-bapak. Memang benar demikian sobat, maksud dari celetukan tersebut adalah motor ini sering kali dipakai rinding oleh bapak-bapak, coba perhatikan saja dijalanan, dan memang benar. Celetukan diatas adalah salah satu ungkapan saja. Namun sobat, melihat dibalik sisi motor honda supra x 125 itu, terdapat potensi luar biasa yang diusung mesinnya.

Tips Cara mudah mengoptimalkan Supra X 125 Karburator gasmentok.blogspot.com


Supra X 125cc versi karburator, merupakan motor bebek honda yang laris dipasaran ( baca : Kesetiaan Konsumen pada Honda Supra X 125 ) . Terbukti tak susah kita menjumpai motor ini berseliweran dijalanan. Dibalik sosoknya yang tampil biasa dan kalem, terdapat potensi mesin yang gahar dan masih bisa kita optimalkan.

Pengguna Supra X 125 versi karbu, sama seperti yang digunakan penulis saat ini. Tak jarang, ketika riding dijalan, kita seringkali di jejeri oleh motor seperti Yamaha Jupiter Z1, Jupiter MX, Honda Vario 125, atau bahkan juga sekelas motor sport seperti Yamaha Vixion old / new ( NVL ), atau Suzuki Satria F 150. Dari deretan motor diatas dapat kita ringkas spesifikasinya seperti ini : 
  • New Jupiter Z1 Fi : mesin berkapasitas 115cc, dengan teknologi balap + torsi yang besar
  • New Jupiter MX : 135cc, berpendingin cairan ( liquid ), dengan nafas gigi lebih panjang ( 5 speed )
  • New Satria F : dukungan mesin DOHC, 150cc, berpendingin cairan, 6 speed
Namun demikian, honda supra x 125 versi karburator masih unggul dalam hal limiter, yang mempunyai limit lebih tinggi daripada Jupiter Z1 FI dan New Jupiter MX. Selain itu sobat, HSX ini mempunyai top speed standard sebesar 135kpj pada jalanan malam. Dengan hasil tersebut, setidaknya honda supra x masih bisa mengimbangi sekelas motor sport Yamaha Vixion, maupun Suzuki Satria F.


Namun pada kenyataannya, beberapa pengguna supra x 125 mengeluh mengenai kondisi motornya. Penulis melakukan survei pada beberapa pemilik HSX ini. hal yang ditemukan antara lain :

Tips Cara mudah mengoptimalkan Supra X 125 Karburator ala gasmentok.blogspot.com

  1. Mesin lelet, kurang responsif di gear 3 dan 5
  2. Torsi buruk pada rpm bawah
  3. Top speed baik di rpm atas
  4. mesin stabil dan halus
  5. mesin kurang bertenaga
Dalam menyikapi hal tersebut, penulis menemukan solusi pada hasil keluhan diatas. berikut jawabannya.

  • pada poin 2, solusinya kita bisa mengganti gearset milik New Honda Supra Fit untuk meraih torsi pada rpm bawah. Efeknya, motor akan sangat responsif, akselerasi sangat bagus, tarikan enteng. baca ini : Modifikasi ringan Ban & Gearset Honda Supra X 125
  • Menyikapi solusi point 1, memang komparasi / rasio gear HSX pada gear 3 dan 4 sangat buruk sekali. solusinya yaitu mengganti gear gigi pada blok mesin. Namun hal ini tidak disarankan bro.
  • Dari sisi performa standard, memang HSX ini sudah cukup untuk membayangi old vixion walaupun kita kalah dalam hal akselerasi, namun top speed yang dimiliki HSX, cukup untuk membanyanginya.

No comments:

Post a Comment

Silakan mas bro.. disalurkan unek-uneknya...

back to top