Perhatikan ini ! Tips Merawat motor matic di musim hujan

Efek genangan air hujan pada motor matic

Pada bulan-bulan ini, memang di negara kita sedang kedatangan tamu musim hujan. Seperti kebiasaan tahun tahun lalu, tentu sobat tak jarang mendengarkan kabar berita kebanjiran disejumlah daerah. Bahkan di ibukota negara kita sendiri, saat ini sedang dilanda banjir. Jalan-jalan protokol yang sering dilalui warga pun tak kelihatan lagi aspalnya, ketinggiannya juga lumayan dalam. Banyak dari pengguna sepeda motor yang menerjang banjir yang membuat knalpot sepeda motor mereka tenggelam. Yap, tentu sobat sudah bisa menebak, alhasil tak jarang sepeda motor mereka mogok ditengah jalan. Hm, jangan coba-coba seperti itu ya bro.

Tips Merawat motor rmatic di musim hujan gasmentok.blogspot.com

Pengguna Motor Matic WAJIB!!! baca ini

bro sis sekalian, dari pengalaman cerita diatas, dapat ditarik kesimpulan pentingnya merawat kondisi motor kita. Jika sobat menghadapi genangan banjir, sekali lagi jangan main srobot aja. Perlu di catat, perhatikan level ketinggian air genangan. Hal yang paling rawan dan sering terjadi adalah masuknya air banjir kedalam ruangan CVT ( Continous Variable Transmission ). Meski desain box CVT tertutup rapat, namun apabila sobat menerjang genangan air setinggi 20 hingga 70 cm, tak menutup kemungkinan air genangan tadi bisa masuk ke ruangan CVT bro ( baca juga : Motor sport ini tahan menerjang genangan air banjir ).

Ungkap seorang teman bengkel, bila CVT kemasukan air dan motor mati, jangan langsung dinyalakan. Usahakan semua air yang masuk tadi, keluar dan kering dari dalam CVT. Caranya, cari tempat yang aman dan lapang ( bebas banjir tentunya ), kemudian buka CVT , lalu buang airnya. Setelah habis dan kering, coba gunakan kick starter untuk menyalakan mesinnya kembali.

hal ini memang benar, ujar kang Slamet salah satu teman bengkel, apabila CVT dalam kondisi terendam air, apabila dipaksakan menghidupkan mesin, maka efeknya CVT akan cepat rusak. weleh-weleh, ngeri juga ya bro.

Tips merawat motor yang sering menerjang Genangan Air

Bila kebiasaan sobat yang suka menerjang genangan air, sebaiknya lakukan perawatan ini pada tungganga sobat. Penasaran? simak tips unik berikut :
  1. Bila motor sering menerjang genangan air yang cukup dalam, sebaiknya segera lakukanlah penggantian Oli mesin. Hal ini bertujuan agar menetralisir kemungkinan-kemungkinan air yang masuk ke dalam sektor mesin, apabila air dan oli tercampur, maka sudah tentu pelumasan tidak akan maksimal dan efeknya dapat merusak kompenen mesin.
    Tips Merawat motor rmatic di musim hujan gasmentok.blogspot.com
  2. Periksa kebersihan busi, dan ruang busi. Seringnya menerjang banjir bisa saja banyak kotoran halus yang ikut masuk ke dalam sektor busi. tentu hal ini akan membuat kotor busi, dan kemudian mengganggu sektor pengapian.
    Tips Merawat motor rmatic di musim hujan gasmentok.blogspot.com
  3. Bersihkan filter atau saringan udara. Hal ini bertujuan agar tidak ada debu debu halus yang ikut mengotori filter udara, sehingga dapat mengganggu proses pengambilan / penyedotan udara oleh mesin. Anjuran kami, adakalanya membersihkan filter udara setidaknya satu kali dalam dua minggu.
    Tips Merawat motor rmatic di musim hujan gasmentok.blogspot.com
nah sobat, dari kebiasaan sobat yang suka menerjang genangan banjir, ternyata ada beberapa faktor yang harus sobat perhatikan seperti tips diatas. mulai sekarang, perhatikan juga kondisi tunggangan sobat, lakukanlah perawatan rutin agar kondisi motor sobat tetap prima. Masih banyak tips-tips unik menarik lainnya di blog ini, misalnya baca juga : Tips Menghindari Kemalingan Motor , atau lebih lengkap coba cek disini

semoga bermanfaat bro

1 comments:

  1. membersihkan filter motor itu harus pakai air compressor yah? kalau sendiri bersihkan gimana?

    ReplyDelete

Silakan mas bro.. disalurkan unek-uneknya...

back to top