Efek penggantian final gear pada motor

Hal penting yang perlu sobat ketahui sebelum modif final gear motor

perbandingan final gear yang tepat pada motor bebek gasmentok.blogstpot.com
Sobat gasmentok, yang namanya manusia tak akan pernah puas, hal ini sangat prinsipil mengingat sifat manusia yang seperti itu. Dalam dunia otomotif, tak ambil pusing ambil contoh, para biker pun terkadang juga tak pernah puas dengan kondisi atau performa motornya. Adakalanya seorang biker merasa bahwa motornya kurang responsif dalam hal akselerasi, misalnya ketika seorang biker henda menyalip deretan truck gandeng jang berjalan beriringan, motor mungkin saja terasa lambat dan kurang responsif, atau bahkan tak jarang juga seorang biker merasa motornya sangat agresif dalam hal ini akselerasi yang mudah naik, dan top speed terasa nafas habis.

perbandingan final gear yang tepat pada motor bebek gasmentok.blogstpot.com
Menjawab pertanyaan batin seperti diatas, sebenarnya dalam mengganti final gear sebuah motor tidak boleh sembrono bro. kita lihat dulu peruntukan motor tersebut untuk apa?, atau juga seperti apakah performa motor yang kita mau. nah dari dua pertanyaan sederhana tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa gear set ( sprocket ) yang seperti apa yang harus kita beli. efek mengerikannya apabila kita salah mengganti sprocket gear, tarikan motor bisa saja akan semakin berat.

Perhatikan dua pertanyaan berikut sebelum megganti final gear ( sprocket gear )

dari basa basi diatas, hal pokok yang terpenting adalah : 
  1. Motor ini peruntukannya untuk apa ?
  2. Seperti apa nantinya performa motor yang kita inginkan ?
dari pertanyaan diatas, bisa kita jawab dengan sederhana satu per satu. simak!

Motor ini peruntukannya untuk apa ?

jawab : kita harus mengetahui motor ini kita sering gunakan untuk apa. misalnya motor sering digunakan untuk grass track, atau crossing. tentu penggunaan final gear yang tepat adalah menggunakan final gear yang memiliki nilai / hasil perbandingan yang tinggi dan tepat, agar tipe motor ini memiliki akselerasi yang tinggi, sesuai peruntukan medannya.
Seperti apa nantinya performa motor yang kita inginkan?jawab : Nah, ini juga penting mas bro. performa motor yang kita pengen sebenernya seperti apa sih?
kalo sampean ingin motornya cepet naik powernya, hal ini bisa disiasati dengan jawaban pada poin 1 diatas, yup naikin rasio final gear. kalau sobat pengen nguber topspeed, bisa kita siasati dengan menurunkan nilai rasio final gear. tentu hal ini bukan tanpa akibat, penurunan nilai rasio positifnya akan membuat nafas mesin motor semakin panjang dan top speed tentu akan naik ( namun ingat, motor standard tetap punya CDI limiter ), namun negatifnya akselerasi motor akan loyo.  
Nah sobat, berikut saya sertakan tabel rasio final gear yang memudahkan sobat melihat dan membandingkan final gear yang cocok buat sobat gasmentok, semoga bermanfaat ya

perbandingan final gear yang tepat pada motor bebek gasmentok.blogstpot.com


ada juga pertanyaan dari sahabat blogger, yang ingin motornya bisa akselerasi tinggi, namun juga topspeed juga naik. weleh weleh bro, beli aja motor sport cc minim 250cc an. wkwk

last, pada intinya kita harus benar-benar memperihitungkan nilai rasio gear set yang akan kita pakai. Pemilihan gear set yang kurang tepat justru dapat membuat motor terlalu agresif , atau bisa juga topspeed motor akan hilang

semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment

Silakan mas bro.. disalurkan unek-uneknya...

back to top