Tips memilih alur atau pola ban motor


Memilih ban motor harus tepat sesuai kegunaan pengendaranya
Memilih ban motor hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan pengendaranya gan bro. Jangan sampai salah kaprah, kondisi jalanan di Indonesia yang sedemikian itu, ditambah lagi musim nya sekarang lagi hujan, menuntuk kita harus jeli dan tepat dalam memilih pola ban sepeda motor.



Kebutuhan pengendara dengan ban yang digunakan haruslah sesuai, misalnya si pengendara seringkali melewati track basah dan berlumpur, ataupun jalanan tanah menanjak, tentu penggunaan ban yang tepat pada motor ini adalah ban yang memiliki pola dan tonjolan kotak-kota ( ban trail / ban tahu ). Lain cerita jika pengguna ingin kebut-kebutan dijalanan yang cenderung track basah, misalnya seperti musim kali ini yang seringkali diguyur hujan, penggunaan ban dengan pola garis-garis berlajur menyamping ( lihat gambar ), tentu sangatlah tepat. Daripada ente penasaran seperti apa saja pola ban yang cocok di gunakan di Indonesia, simak ulasan selengkapnya berikut ini :

Pola ban motor yang cocok digunakan di Indonesia


  1. BAN Basah ( Wet tire )
    Tips memilih alur atau pola ban motor  | gasmentok.blogspot.com

    Tips memilih alur atau pola ban motor  | gasmentok.blogspot.com
    Sesuai judulnya, tipe ban ini sangat cocok digunakan pada track basah. Bukan tanpa alasan, penggunaan pola lajur-lajur garis yang membuang ke arah samping luar ban, tentu sangar berguna sekali dalam memecah genangan air. dalam kecepatan tinggi pun, dengan menggunakan ban ini tentu hati kita sedikit tenang, karena memang jenis ban dengan pola seperti ini didesain untuk track basah.
  2. Ban Kering ( Dry Tire )
    Tips memilih alur atau pola ban motor  | gasmentok.blogspot.com
    Ban jenis ini justru hanya memiliki sedikit bahkan tidak memiliki pola sama sekali. Ban kering, biasanya sangat sering digunakan pada race, seperti motoGP. Ban kering memiliki traksi terbaik saat kondisi aspal benar-benar kering, dan sebaliknya traksi terburuknya adalah pada saat aspal basah, resiko terpeleset pun tak dipungkiri bisa saja terjadi
  3. Ban Basah Kering ( Wet Dry Tire )
    Tips memilih alur atau pola ban motor  | gasmentok.blogspot.com
    Ban dengan pola jenis ini adalah ban yang paling cocok digunakan di indonesia. Selain desain polanya yang memang benar didesain untuk track basah maupun kering. traksi ban pada track basah maupun kering juga cukup bagus. tak khayal, ban jenis ini paling banyak digunakan pada motor-motor di Indonesia.


Kesimpulan : 

Pemilihan ban yang tetap memang harus disesuaikan pada track yang sering dilalui agan bro. pilih juga ban yang yang terbaik, jangan gunakan ban vulkanisiran, coba baca juga tips "" . 

tetap ingat, selalu menjaga keselamatan dalam berkendara, jangan sepelekan masalah ban, segera ganti ban yang sudah aus. Keselamatan dalam berkenda adalah keuataman. semoga agan bro terinspirasi, salam gasmentok

No comments:

Post a Comment

Silakan mas bro.. disalurkan unek-uneknya...

back to top