simak, inilah alasan mesin motor berbau sangit !


Mesin sebagai komponen pembakaran bahan bakar


Mesin merupakan kompenen utama dalam motor. Fungsi mesin adalah sebagai penghasil tenaga gerak yang bersumber dari pembakaran bahan bakar yang terjadi pada ruang mesin. Dari adanya pembakaran pada ruang mesin tersebut, terkadang mesin mengeluarkan bau sangit. Sebenarnya apa yang terjadi pada hal ini?.


Dari sisi teknis, penyebab utama mesin mengeluarkan bau sangit adalah overheat engine, alias mesin kepanasan. Mengapa dapat terjadi demikian?, salah satu penyebab utamanya adalah adanya kerak dalam ruang pembakaran mesin, yang selanjutnya memicu terjadinya kompresi bahan bakar yang besar pada mesin, sedangkan settingan karburator kita pada kondisi tidak berimbang dengan besarnya kompresi.

penyebab mesin berbau sangit gasmentok.blogspot.com

Penanganannya, cobalah periksa pilot jet dalam kompenen karburator motor bro sis. Pastikan selalu dalam kondisi bersih tanpa kotoran yang menyumbat. Jika lubang ini tersumbat pada kondisi bukaan gas kecil, ruangan karbu akan menjadi kering, dan berpeluang menaikkan suhu mesin ketika pembakaran. Kejadian seperti ini bukannya tidak mungkin, meskipun mesin berada di RPM rendah.

penyebab mesin berbau sangit gasmentok.blogspot.com

Namun bisa saja kemungkinan seperti ini terjadi, penyebab dari timbulnya mesin dapat juga diakibatkan oleh masuknya oli mesin pada silinder cop, blok silinder dan lubang buang. Jika terlanjur parah, kerap kali muncul asap putih lebat pada knalpot, karena oli mesin ikut terbakar. Apabila seperti ini, langkah penanganannya adalah coba tangani kebocorannya dengan mengganti pakin, o-ring, dan sealant.

selamat mencoba bro

No comments:

Post a Comment

Silakan mas bro.. disalurkan unek-uneknya...

back to top