Rawan Putus dan Seret, Baca Tips Rawat Kabel Kopling

Kabel Kopling sering putus karena kurang Perawatan

Tidak ada batasan umur pemakaian ketika mengganti kabel kopling. Namun jangan sembrono sobat, perawatan berkala pada kabel kopling juga diperlukan pada setiap motor. Siapa yang tidak kesal, ketika berkendara dijalan tiba-tiba kabel kopling putus, sedangkan bengkel jauh dari jangkauan. Sepertinya itu mimpi buruk bagi semua sobat gas mentok.

Rawan Putus dan Seret, Baca Tips Rawat Kabel Kopling gasmentok.blogspot.com


Putusnya kabel kopling seperti itu memang tidak mengenakkan. Namun sobat, kita dapat mengantisipasi kejadian tersebut dengan perawatan rutin. Setidaknya kita harus mengecek kondisi kabel kopling sebulan sekali. Dengan perawatan rutin, kita bisa mengetahui kondisi kabel kopling, apa sudah mulai mengkhawatirkan hampir putus, atau kabel seret ketika ditarik. Hm, faktor apa saja sih yang bisa menyebabkan kabel kopling putus? simak berikut :

Rawan Putus dan Seret, Baca Tips Rawat Kabel Kopling gasmentok.blogspot.com

Faktor yang menyebabkan kabel kopling sering putus

  1. Debu yang masuk di sela-selah karet pelindung
    seringkali tak kita sadari, debu yang masuk di sela-sela kabel pelindung dan rumahannya dapat menyebabkan tarikan kopling menjadi seret atau berat
  2. Adanya air yang masuk dan mengendap lama di rumahan kabel kopling.
    air yang masuk ini biasanya luput dari pengawasan. Ketika dalam kondisi hujan, atau sehabis mencuci motor, tanpa kita sadari air bisa saja masuk kedalam rumahan kabel kopling. Apalagi airhujan yang banyak mengandung asam, sangat cepat sekali membuat kabel kopling berkarat, dan akhirnya mudah sekali kabel kopling putus.
  3. Kurang perawatan
    kurangnya perawatan pada kabel kopling dan rumahannya inilah faktor yang menyebabkan kabel kopling cepat putus. seringkali kita mengabaikan kabel kopling sebagai kompenen yang tak begitu berarti. Namun sobat, mulailah perhatikan fungsi kabel kopling ini.
    Rawan Putus dan Seret, Baca Tips Rawat Kabel Kopling gasmentok.blogspot.com

banyak kawan pembaca di otomotifnet.com yang bertanya mengenai cara perawatan kabel kopling ini. Nah sobat, tips kali ini mungkin jawaban dari kawan saya tersebut, yang juga bisa sobat praktekkan di rumah. Penasaran? simak tips berikut ini.

Tips merawat Kabel Kopling pada Sepeda Motor

  1. Lakukan pengecekan secara berkala. Bukalah karet pelindung kabel kopling pada stang kopling. Periksalah kondisi kabel kopling, apakah masih layak digunakan atau tidak.
  2. Lakukan pembersihan, bukalah karet pelindung, kemudian bersihkan debu-debu yang ada dengan kuas.
  3. Periksalah, apakah ada endapan air pada rumahan kabel kopling. Jika ada, keringkan dengan kain-kain bekas, atau kertas tisu
  4. Lumasi kabel kopling dan rumahannya secara berkala. Hal ini bertujuan agar kabel kopling tetap enak ditari ketika digunakan berkendara. Hal ini juga bertujuan mencegah kabel kopling berkarat, yang akhirnya bisa menyebabkan kabel putus.
Perawatan sederhana seperti ini memang sangat diperlukan. Sobat tak perlu memboyong motor sobat ke bengkel, karena perawatan ini sangatlah mudah untuk dilakukan sendiri.  Cobalah untuk mulai teliti, dan rawatlah setiap part pada motor anda, agar selalu berkerja dengan baik. Selain tips ini "Rawan Putus dan Seret, Baca Tips Rawat Kabel Kopling", sebenarnya masih banyak lagi TIPS UNIK di blog ini, yang wajib sobat simak, misalnya : Tips mengendarai motor saat hujan

semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Silakan mas bro.. disalurkan unek-uneknya...

back to top