Tips unik mencegah helm bau apek

Banyak yang keliru memperlakukan helm

Helm merupakan piranti yang tak lepas dari pengendara motor. Yap, sesuai fungsinya, helm ini memang wajib digunakan oleh pengendara motor agar kepala pengendara setidaknya terselamatkan dari benturan keras. Nah sobat, dimusim penghujan seperti ini, tentu tak jarang helm kita basah. Kebanyakan orang Indonesia, salah dalam memperlakukan helm setelah pemakaian, apalagi dalam kondisi basah akibat hujan. Sudah bisa ditebak, apa yang terjadi jika helm salah perawatan?, helm akan cepat sekali berbau apek dan terkadang sampai jamuran.

Tips unik mencegah helm bau apek gasmentok.blogspot.com



Sobat, tentu kita tak mau helm yang kita pakai berbau apek dan berjamur. Nah tips kita kali ini sangat menarik sekali guna mencegah helm kita cepat berbau. Apasaja tips menariknya? yuk simak berikut ini :


Tips cara merawat helm agar tidak cepat bau apek

Bro sis sekalian, cobalah mulai memperlakukan helm sobat dengan cara ini, setidaknya langkah-langkah ini akan membuat helm sobat terhindar dari bau apek dan jamur.

  1. Setelah menggunakan helm, hendaknya minimal seminggu sekali jemurlah helem sobat dibawah terik matahari. Posisikan helm sobat dengan menghadap ke atas, seperti gambar dibawah ini. Dengan menjemur helm, diharapkan kelembapan dalam spons helm akan berkurang. Kelembapan inilah yang sangat disukai jamu maupun bakteri untuk hidup, sehingga sering muncul bau apek.
    Tips unik mencegah helm bau apek gasmentok.blogspot.com

  2. Setelah pemakaian, jangan biarkan kaca helm ( visor ) sobat tertutup. usahakan selalu membuka kaca helm setelah pemakaian. Hal ini bertujuan agar sirkulasi udara yang masuk ke dalam helm tetap ada, dan mencegah helm menjadi lembab.

  3. Apabila helm dalam kondisi basah, usahakan keringkan secepatnya, gunakan lap yang bersih untuk mengeringkannya.
    Tips unik mencegah helm bau apek gasmentok.blogspot.com

  4. Cucilah helm sobat, setidaknya minimal sebulan sekali, agar kebersihan helm tetap terjaga.
    Tips unik mencegah helm bau apek gasmentok.blogspot.com

  5. Apabila sobat sering memakai minyak rambut, usahakan selalu menggunakan alas kepala terlebih dahulu, misalnya seperti balaclava / sering disebut masker ninja, seperti gambar dibawah ini. harganya cukup murah, kisaran 40rb an bro sis.
    Tips unik mencegah helm bau apek gasmentok.blogspot.com
    Tips unik mencegah helm bau apek gasmentok.blogspot.com

  6. Gunakan parfum freshner yang banyak sekali di pasaran. Cukup gunakan seperlunya saja, jangan terlalu berlebihan, yang justru mungkin saja membuat bakteri cepat berkembang.
Merawat helm adalah hal kecil yang sering diabaikan masyarakat umumnya. Padahal merawat helm tak ubahnya kita merawat diri sendiri. Helm harus tetap dirawat, dan dijaga kebersihannya agar tak timbul jamur dan bau apek. Helm yang bersih dan wangi, tentu akan membuat si pemakainya nyaman, sehingga akan timbul enjoy dalam berkendara. Bukan begitu bro sis? silakan dipraktekkan.


No comments:

Post a Comment

Silakan mas bro.. disalurkan unek-uneknya...

back to top