Kunci Pas Tidak Didesain untuk Membuka Baut

Desain kunci Pas tidak untuk membuka baut

Sobat gasmentok, Sudah barang tentu, kita kaum adam tak asing lagi dengan set peralatan seperti gambar diatas. yup, betul sekali, diatas adalah set peralatan yang biasa kita sebut Kunci Pas. Kunci Pas atau istilah kerennya "Open End Wrench" tak susah kita temui di bengkel-bengkel motor maupun mobil. Tentu sebagai lelaki, kita sudah akrab dengan barang-barang tersebut. 

fungsi kunci pas dan ring dalam membuka baut gasmentok

Namun sobat, kali ini gasmentok akan membahas kesalah kaprahan masyarakat dalam menggunakan alat ini. seperti dari sumber yang saya sadur dari otomotif.net , kita ketahui, banyak masyarakat menggunakan alat ini untuk membuka baut-baut. membuka baut dengan menggunakan kunci Pas akan sangat beresiko melukai kepala baut / mur, yang menyebabkan slek. 


Kunci pas tidak didesain mencover semua area kepala baut, sehingga kekuatannya hanya menyebar ke beberapa sisi, hal inilah yang mendasari mengapa penggunaan kunci pas untuk membuka baut tidak kami anjurkan. 

fungsi kunci pas dan ring dalam membuka baut gasmentok

Lihat Gambar diatas : Gambar Kunci Pas membuka baut

apabila hal tersebut terus menerus dilakukan, sudah dipastikan lagi kepala baut akan boncel-boncel dan slek.

Fungsi Kunci Pas sebenarnya :

- Kunci pas dapat digunakan ketika untuk membuka baut-baut yang tidak terlalu kencang
- Kunci pas biasanya digunakan sebagai penahan mur, saat baut dikendorkan menggunakan kunci ring


Apabila sobat hendak membuka baut / mur, menggunakan kunci ring lah peralatan yang tepat. Kunci ring didesain mengcover seluruh sisi baut / mur, sehingga kekuatan putaran dapat menyebar ke berbagai sisi, sehingga kejadian kepala mur / baut boncel-boncel / slek tidak terjadi atau setidaknya dapat diminimalisir.

fungsi kunci pas dan ring dalam membuka baut gasmentok

Dengan pelajaran seperti ini, kita diharapkan bijak dalam menggunakan peralatan yang tepat, sehingga dapat meminimalisir kerusakan dalam segala hal. Gunakan peralatan-peralalatan yang kita gunakan sesuai porsinya, misalnya seperti contoh diatas, Gunakan kunci ring untuk membuka mur atau baut, atau gunakan kunci pas untuk mengendorkan baut-baut yang tidak terlalu kencang. Berbicara mengenai kunci pas, mungkin sobat memerlukan kunci ini ketika henda mengganti oli mesin sepeda motor sobat, lihat dan baca video menarik ini : Tips mengganti oli yang benar pada sepeda motor

semoga artikel ini membawa manfaat bagi sobat semua. salam hangat bro


No comments:

Post a Comment

Silakan mas bro.. disalurkan unek-uneknya...

back to top